Syarat Pembuatan Surat Terdaftar Pengobat Tradisional (SIPT/STPT) Untuk Praktek Bekam - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bekam

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Bekam di www.pendidikanbekam.com - Daftarkan diri sekarang juga, Dapatkan discount hingga 50% Pendidikan dan Pelatihan Bekam Langsung Bisa Praktek ...::.... Discount Belaku September 2018

Minggu, 16 Desember 2012

Syarat Pembuatan Surat Terdaftar Pengobat Tradisional (SIPT/STPT) Untuk Praktek Bekam


PendidikanBekam.com - Pengobatan tradisional berkembang sangat pesat di Indonesia, baik  layanan secara perorangan (door to door), di klinik kecil-kecilan, di salon-salon kecantikan dan spa, maupun yang telah diintegrasikan di sarana layanan kesehatan umumnya.

Dalam rangka memastikan bahwa pengobatan tradisional yang tumbuh berkembang di tengah-tengah masyarakat adalah pengobatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya, maka sesuai dengan Pasal 4 Keputusan Menkes No. 1076/Menkes/SK/VII/2003 tanggal 24 Juli 2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, semua pengobat tradisional wajib mendaftarkan diri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat untuk memperoleh Surat Izin/ Terdaftar Pengobat Tradisional (SIPT/STPT).




Dengan STPT ini, maka praktek pengobatan tradisional dapat terus dipantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat sehingga diharapkan pada akhirnya dapat memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat penggunanya.

Pengobat tradisional adalah seorang yang diakui dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai orang yang mampu melakukan perobatan secara tradisional. Demikian dengan perobatan Bekam atau Al Hijamah, para terapisnya harus terdaftar Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Persyaratan perizinan Surat Izin / Surat Terdaftar Pengobat Tradisional adalah sebgaai berikut :

  1. Surat Permohonan bermaterai (blanko/form surat permohonan bisa diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat)
  2. Biodata Pengobat Tradisional
  3. Foto Copy KTP
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah
  5. Surat keterangan lurah/desa tempat melakukan pekerjaan sebagai pengobat tradisonal
  6. Peta lokasi usaha dan denah ruangan
  7. Rekomendasi dari asosiasi profesi dibidang pengobatan tradisional yang bersangkutan (dalam hal ini rekomendasi dari Ikatan Terapis Bekam Indonesia - ITBI)
  8. Foto copy sertifikat/Ijazah pengobat tradisional
  9. Foto Copy Ijazah pendidikan formal terakhir
  10. Surat Pengantar Pukesmas setempat
  11. Pas foto terbaru 4 x 6 sebanyak 3 lembar bagi yang baru dan 2 lembar bagi yang regisrasi ulang


Sumber : http://www.i-tbi.org/2012/12/persyaratan-pembuatan-surat-terdaftar.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar, Saran dan Pertanyaannya
Silahkan Ketik Pertanyaan, Saran Kritik, dan Komentarnya di Kolom Bawah ini.
www.pendidikanbekam.com

Post Bottom Ad

Pages